Tes Keperawanan
Sssssttt… temen2 tau gak sekarang lg riuhnya kontroversi pelaksanaan tes
keperawanan loh. Menurut pendapat temen2 gmn??
Menurut
berita yang ada (dari kompas.com), Dinas
Pendidikan
Prabumulih
menyatakaan bahwa tes keperawanan pada siswi SMA ini merupakan respons terhadap
maraknya kasus pelajar melakukan hubungan
intim sebelum menikah. Dinas Pendidikan
Prabumulih
juga telah berencana mengajukan anggaran tes untuk APBD 2014. Wacana
pelaksanaan tes keperawanan terhadap siswi SMA sederajat oleh Dinas Pendidikan Kota Prabumulih tersebut,
mendapat tanggapan negatif
dari berbagai pihak. Ini nih tanggapan penggede”. Pemerhati anak, Seto Mulyadi biasa disapa Kak Seto, menyatakan tak
setuju terhadap rencana Dinas
Pendidikan
Prabumulih
tersebut.
“Jika hal tersebut
dilakukan, itu melanggar hak asasi anak. Walaupun dengan alasan menegakkan
moral, hal tersebut tidak boleh dilakukan,” ujar Kak Seto.
“Seharusnya orangtua dan
pendidik menjadi sahabat anak, mengawasi, jangan seperti instruktur,” tambahnya
(kompas.com, selasa 20/8/2013).
Wakil
ketua DPRD Sumatera
Selatan,
HA Djauhari, juga menolak pengajuan tersebut. Menurutnya, Dinas Pendidikan seharusnya
mencegah seks bebas dengan membuat kebijakan yang bisa membuat pelajar melakukan
hal-hal positif, bukan dengan tes keperawanan.
Tanggapan tak sepakat pun dikatakan oleh wakil gubernur
DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Menurutnya, jika kebijakan itu
diberlakukan, maka hal itu akan membawa dampak buruk pada siswa. Menurut basuki,
seorang pekerja seks komersial yang bertobat jauh lebih terpuji daripada oknum
pejabat yang menikmati uang rakyat atau bertindak korupsi. Bener banget itu
pak, hehe.
Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menyatakan akan
menjatuhkan sanksi kepada sekolah yang menerapkan tes keperawanan kepada siswa
yang mau masuk sekolah itu. “Jika ada sekolah yang
melarang siswa karena tidak virgin, itu berarti bertentangan dengan
undang-undang”, ungkapnya. (kompas.com)
Kalau
menurut penulis sendiri sih, tes keperawanan itu dinilai tak relevan dan
bertentangan dengan prinsip pendidikan itu sendiri. Tau kan prinsip
pendidikan?? ^_^
_Rizky Galuh P.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar